Bagian Trakea Batang Tenggorokan yang harus kamu tau

Lapisan dalam (selaput lendir)

Lapisan dalam trakea terdiri dari sel epitel kolumnar bersilia dengan sel goblet. Lapisan ini menghasilkan lendir, atau cairan kental (lendir), yang melindungi dinding trakea dan saluran udara dari bakteri, kotoran, dan debu.

Lapisan tengah (jaringan otot dan tulang rawan)

Lapisan tengah, atau tulang rawan, adalah lapisan tempat tulang rawan berada, yang berbentuk seperti huruf C. Bagian tulang rawan ini berada di belakang, atau belakang, tempat tenggorokan bertemu kerongkongan.

Di sekitar cincin tulang rawan terdapat jaringan otot berupa otot polos yang berfungsi untuk menggerakkan pernapasan, mengontrol batuk dan refleks muntah.

Ada juga struktur di lapisan ini yang menghubungkan cincin tulang rawan trakea dan melindungi kedua ujung cincin agar tetap dalam kondisi optimal.

Lapisan Adventitia luar (jaringan ikat)

Lapisan terluar terdiri dari jaringan ikat. Saraf, pembuluh darah, dan jaringan adiposa juga terletak di lapisan ini.

Ada juga yang mengatakan bahwa dinding trakea terdiri dari empat lapisan, jika demikian maka lapisan ke-4 berarti lapisan submukosa, yang letaknya setelah lapisan mukosa.

Lapisan submukosa ini terdiri dari jaringan ikat yang dipisahkan dari epitel di lapisan mukosa. Lapisan ini mengandung banyak pembuluh darah dan saraf. Lapisan ini memungkinkan mukosa trakea untuk bergerak.