Fungsi Trakea Batang Tenggorokan yang harus kamu tau

Sebagai bagian dari sistem pernapasan

Trakea adalah saluran pernapasan yang terletak di belakang laring. Udara yang melewati tenggorokan diarahkan ke bronkus, kemudian melalui alveolus baru masuk ke paru-paru. Debu atau kotoran yang masih ada di udara yang diangkut disaring ke dalam trakea.

Selain itu, tenggorokan juga dapat menjaga kelembaban dan membantu mengatur suhu udara karena memiliki lendir (lendir) pada selaput lendirnya.

Berpartisipasi dalam proses pencernaan

Bagian dari dinding trakea menyatu dengan dinding organ pencernaan, kerongkongan. Dengan demikian, tenggorokan juga memiliki pengaruh tidak langsung terhadap proses pencernaan manusia. Ketika tenggorokan tersumbat, itu adalah masalah kerongkongan yang melekat padanya.

Pada kasus sumbatan jalan napas, misalnya, ia akan tersedak dan refleks batuk sehingga trakea dan kerongkongan bebas dari benda asing yang tersumbat lagi.

Melindungi saluran udara (mencegah benda berbahaya masuk ke paru-paru)

Ketika benda asing masuk ke saluran napas dan mencapai tenggorokan, benda tersebut menjadi terperangkap dan menempel pada lendir lengket tenggorokan.

Kemudian benda atau bakteri tersebut dikeluarkan dari tubuh berupa lendir atau cairan kental (karena bercampur dengan lendir trakea).