Bagian Bronkus yang harus kamu tau

Lapisan Epitel

Jaringan epitel yang menjadi penyusun bronkus adalah epitel silindris bersilia, sel ini akan menghasilkan mukus (cairan kental seperti lendir) yang berfungsi menangkap kotoran dan melindungi saluran pernapasan dari benda asing.

Lamina Propia (Jaringan Ikat)

Lamina Propia yaitu salah satu lapisan yang berfungsi sebagai pondasi sel epitel (tempat menempelnya sel – sel epitel). Lamina propia merupakan lapisan jaringan ikat yang mengandung pembuluh darah, saraf dan pembuluh limfa.

Lapisan Otot

Lapisan oto yang menyusun bronkus terdiri dari otot polos. Sifat dari otot polos adalah tidak dapat dikendalikan atau bekerja secara involunter (tidak sadar).

Lapisan otot berfungsi sebagai pengatur lebar dari dinding bronkus, mereka dapat menjalankan fungsi ini dengan kontraksi ataupun relaksasi otot tersebut.

Lapisan Tulang Rawan

Tulang rawan merupakan tulang utama yang menyusun sebagian besar saluran pernapasan. Tulang rawan pada bronkus tersusun seperti jala yang tidak teratur.

Tulang rawan mempunyai sifat yang lunak dan elastis sehingga dapat memudahkan gerakan pernapasan. Bronkiolus yang merupakan percabangan dari bronkus tidak lagi mempunyai tulang rawan.