Usaha Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia Dilakukan Dengan Cara

Usaha mempertahankan kemerdekaan Indonesia dilakukan dengan cara…
Perjuangan bersenjata dan diplomasi
Peningkatan taraf hidup rakyat
Perjuangan fisik
Pembentukan angkatan perang yang kuat
Memecah belah kekuatan musuh

Untuk kalian yang ingin mendapat jawaban dari persoalan Usaha Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia Dilakukan Dengan Cara, Kamu bisa menyimak jawaban yang disediakan, dan semoga jawaban dibawah dapat membantu kamu menjawab pertanyaan tentang Usaha Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia Dilakukan Dengan Cara.

Pembahasan: Usaha Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia Dilakukan Dengan Cara
Perjuangan bangsa Indonesia melepaskan diri dari penjajah telah berhasil diraih lewat dilakukannya proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Namun ternyata perjuangan bangsa Indonesia tidak berhenti sampai itu. Setelah kemerdekaan, rakyat Indonesia harus melalui masa perjuangan dan revolusi mempertahankan kemerdekaan, yaitu satu periode dalam sejarah peradaban Indonesia modern. Periode ini berlangsung semenjak kembalinya Belanda bersama tentara sekutu tanggal 13 Oktober 1945 hingga pengakuan kedaulatan Republik Indonesia Serikat tanggal 27 Desember 1949. Perjuangan mempertahankan kemerdekaan dilakukan melalui perjuangan fisik dan melalui usaha diplomasi.
Perjuangan fisik merupakan perjuangan yang dilakukan dengan menggunakan senjata atau mengandalkan kekuatan militer. Perjuangan fisik dilakukan lewat pertempuran. Selain itu, biasanya dalam perjuangan fisik juga mengakibatkan banyak korban berjatuhan. Dalam memerdekakan Indonesia, banyak pahlawan yang menggunakan perjuangan fisik untuk mengusir penjajah. Perjuangan fisik pada masa itu contohnya adalah Pertempuran 10 November, Peristiwa Bandung Lautan Api, Peristiwa 5 Hari di Semarang, Pertempuran Margarana dan Pertempuran Medan Area.
Selain melalui perlawanan fisik, Indonesia juga berusaha untuk mempertahankan kemerdekaannya melalui jalur negosiasi dengan Belanda serta mencari dukungan dari dunia internasionalserta menghasilkan kesepakatan. Diplomasi sama sekali tidak menggunakan kekuatan senjata sehingga tidak ada korban jiwa yang ditimbulkan. Hal inilah yang disebut sebagai perjuangan diplomasi. Jalur diplomasi umumnya diambil setelah terjadi kebuntuan dalam perjuangan melalui jalur militer. Perjuangan melalui usaha diplomasi yang dilakukan bangsa Indonesia di antaranya adalah Perjanjian Linggarjati, Perjanjian Renville, Perundingan Roem-Royen dan Konferensi Meja Bundar
Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang benar adalah A.

Jawaban dari persoalan Usaha Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia Dilakukan Dengan Cara diatas, mudah-mudahan mampu menambah wawasan kamu semua.