Google Fit akan mengubah kamera ponsel Pixel menjadi pelacak kesehatan

Mulai bulan depan, Anda tidak memerlukan jam tangan pintar atau pelacak kebugaran jika Anda memiliki ponsel Google Pixel.

Berkat pembaruan yang datang ke aplikasi Google Fit, pemilik Pixel akan dapat menggunakan aplikasi, bersama dengan kamera ponsel, untuk mengukur dan memantau metrik kesehatan seperti detak jantung dan pernapasan.

Meskipun fitur-fitur baru akan diluncurkan pertama kali pada ponsel Pixel secara khusus, itu tidak eksklusif untuk lini perangkat. Google memang berencana untuk memperluas fitur kesehatan baru ini ke lebih banyak perangkat Android di masa mendatang, meskipun tidak jelas kapan.

Saat ini, Anda dapat melacak latihan dan memantau pergerakan Anda sepanjang hari dengan aplikasi Google Fit hanya dengan menggunakan ponsel Android Anda. Pembaruan baru ini memanfaatkan sensor yang sudah ada di smartphone – akselerometer, kamera, dan mikrofon – untuk memungkinkan pengguna melacak data yang lebih mendalam.

Untuk mengukur tingkat pernapasan, aplikasi Google Fit akan menggunakan sensor kamera depan ponsel. Yang harus Anda lakukan adalah menopang telepon di depan Anda, memposisikan diri di dalam bingkai, dan menahan diam saat membaca dengan mendeteksi perubahan kecil apa pun dalam gerakan di dada Anda. Di akhir setiap pengukuran, Anda akan melihat napas Anda per menit.