Reproduksi Seksual Pada Paramecium Disebut [Penjelasan]

Jelaskan reproduksi Paramecium caudatum secara seksual! 

Buat kalian yang ingin mendapat jawaban dari pertanyaan tentang Reproduksi Seksual Pada Paramecium Disebut, kalian bisa memperhatikan jawaban yang disediakan, dan harapan kita jawaban dibawah ini dapat membantu kamu menjawab pertanyaan Reproduksi Seksual Pada Paramecium Disebut.

Pembahasan: Reproduksi Seksual Pada Paramecium Disebut
Paramecium caudatum merupakan organisme yang termasuk ke dalam filum Ciliata. Organisme ini tidak memiliki jenis kelamin sehingga tidak dapat dibedakan antara organisme jantan dan betina. Paramecium caudatum dapat berkembangbiak secara aseksual dan seksual. Perkembangbiakan secara aseksual dilakukan melalui pembelahan biner, sedangkan perkembangbiakan seksual dilakukan melalui konjugasi. Konjugasi dilakukan saat kondisi lingkungan tidak menguntungkan. Tahapan konjugasi pada Paramecium caudatum yaitu sebagai berikut :
Dua individu yang memiliki susunan genetik berbeda saling mendekat dan menempelkan sebagian selnya membentuk saluran konjugasi.
Mikronukleus pada masing-masing individu akan melakukan pembelahan meiosis dan menghasilkan empat mikronukleus bersifat haploid.
Salah satu mikronukleus membelah secara mitosis, sedangkan 3 mikronukleus lain akan hancur.
Pasangan paramecium akan saling bertukar mikronukleus.
Terjadi proses singami (penyatuan mikronukleus sendiri dengan mikronukleus pasangan) yang membentuk mikronukleus baru yang bersifat diploid dengan susunan genetik campuran antara dua mikronukleus.
Terbentuk mikronukleus baru yang kemudian melakukan tiga kali pembelahan mitosis sehingga dihasilkan 8 mikronukleus baru.
Makronukleus pada masing-masing sel asli akan hancur. Empat mikronukleus berkembang menjadi 4 makronukleus melalui replikasi DNA secara terus menerus. Sementara itu, 4 mikronukleus lain tetap menjadi mikronukleus.
Masing-masing sel akan membelah diri sehingga setiap sel akan menghasilkan empat individu baru yang memiliki mikronukleus dan makronukleus baru. Hasil akhir dari tahap konjugasi adalah 8 sel baru yang memiliki susunan genetik sama tetapi berbeda dengan susunan genetik sel awal sebelum konjugasi. 

Mudah-mudahan jawaban dan pembahasan diatas bisa membuatmu mendapatkan jawaban yang sempurna dari pertanyaan Reproduksi Seksual Pada Paramecium Disebut.