Cara Mengunci Aplikasi WhatsApp Di iPhone

WhatsApp telah menjadi salah satu media sosial yang memberikan kemudahan untuk para penggunanya dalam melakukan percakapan grup maupun individu. Tentu saja whatsapp memiliki banyak fitur yang menunjang keperluan pengguna, mulai dari kenyamanan hingga privasi. Fitur yang paling umum di aplikasi ini adalah menonaktifkan tanda pesan sudah dibaca.

Namun, ada juga fitur yang kamu bisa gunakan untuk mengunci WhatsApp secara keseluruhan saat buka aplikasi. Kenapa harus dikunci? iya karena ada sebagian orang menganggap bahwa semua data di Whatsapp adalah data penting ataupun sangat privasi. Karena kamu tidak akan tau apa yang diakses ketika teman atau keluaga meminjam iPhone kamu.

Itulah sebabnya kamu harus tau bagaimana cara mengunci aplikasi whatsapp di iPhone tanpa aplikasi tambahan ataupun harus dijailbreak terlebih dahulu melainkan memanfaatkan fitur-fitur keamanan yang ada didalam iPhone itu sendiri seperti dengan sidik jari (touch ID) ataupun Face ID. Penasaran bagaimana cara mengunci aplikasi WhatsApp di iPhone? Simak beberapa cara mudah dan praktis dibawah ini ya!

Cara Mengunci Aplikasi WhatsApp Di iPhone Tanpa Jailbreak

Kebanyakan orang berfikir kalau jika ingin mengaktifkan fitur iphone yang jarang digunakan harus melakukan jailbreak terlebih dahulu. Apalagi ketika berfikir bahwa aplikasi di Apple store kebanyakan berbayar dan orang-orang akhirnya rela iPhone/iPadnya dijailbreak, padahal resikonya jadi lebih besar seperti keamanannya yang mudah terserang malware/virus dan juga sudak tidak bisa menggunakan layanan dari Apple sendiri.

Langsung saja kita membahas 2 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengunci aplikasi whatsapp di iphone di semua tipe iPhone (iPhone 4, 5, 6, 6s, 6s plus, 7, 7 plus, 8, 8 plus, X, XS, XR, iPhone SE, iPhone 11, 11 Pro dan juga 11 Pro Max) :

Mengunci Aplikasi WhatsApp Menggunakan Face ID dan Touch ID

Kunci sidik jari dan pengenalan wajah dirilis oleh whatsapp pada tahun 2019. Kedua fitur ini hanya bisa digunakan pada perangkat handphone yang memiliki fitur Face ID dan Touch ID yang tersedia pada perangkat iPhone saja.

Langkah-langkah cara mengunci aplikasi whatsapp di iPhone dengan menggunakan sidik jadi dan wajah adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, kamu masuk ke menu ‘Setting’ kemudian pilih ‘Account’ dan pilih lagi bagian ‘Privacy’
  2. Lalu saat kamu sudah masuk ke halaman ‘Privacy’ pilih menu ‘Screen Lock’ dan pilih opsi untuk mengaktifkan fitur ‘Face ID’ atau ‘Touch ID’
  3. Aktifkan Require Face ID atau Require Touch ID kemudian atur jangka waktu kunci whatsappnya

Setelah kamu berhasil mengaktifkan kuncinya, maka ketika kamu membuka aplikasi whatsapp, kamu harus melakukan scan Face ID atau Touch ID.

Mengunci Aplikasi WhatsApp Menggunakan Two Step Verification

Cara kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan fitur bawaan whatsaap yaitu Two-Step Verification atau jika dalam bahasa Indonesia berarti verifikasi dua langkah. Di fitur keamanan ini sudah lebih dulu di aplikasikan oleh google, facebook, paypal, dan yang lainnya.

Fitur keamanan ini bisa kamu gunakan oleh semua jenis sistem operasi handphone, baik itu iPhone atapun Android. Untuk kamu yang menggunakan smartphone android bisa juga mengunci Whatsappnya agar tidak dibuka oleh orang lain. Cara mengaktifkan fitur Two-step Verification untuk mengunci Whatsapp adalah sebagai berikut :

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Klik ikon tiga titik vertikal di sebelah kanan.
  3. Pilih opsi Akun.
  4. Klik opsi Verifikasi Dua Langkah.
  5. Klik Aktifkan.
  6. Masukkan alamat email.
  7. Klik Lanjut.
  8. Masukkan alamat email.
  9. Klik Simpan atau Selesai.

Sebagai tambahan informasi, verifikasi dua langkah meminimalisir ada akun WhatsApp dibuka oleh orang lain.

Itulah beberapa cara mengunci whatsapp di iPhone dengan praktis dan mudah. Semoga membantu ya.