Fitur Untuk Mengunci WhatsApp Memakai Sidik Jari Dan Wajah

WhatsApp merupakan aplikasi perpesanan dengan pengguna terbanyak. aplikasi ini selalu diperbarui dengan fitur-fiturnnya. Hal ini dilakukan WhatsApp sebagai upaya untuk merespon permintaan para penggunanya.

Nah, pada tahun 2019 ini WhatsApp merilis fitur keamanan terbarunya. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengunci aplikasi memakai sidik jari dan wajah. Fitur keamanan dari WhatsApp ini guna untuk membantu mencegah orang lain mengambil telepon kamu dan membaca pesan pribadi.

Meskipun tiap handphone dibekali dengan pengaman bawaan untuk membuka kunci layar, terkadang pengguna masih merasa waswas. Ada kalanya mereka meminjamkan ponselnya kepada orang lain, yang sudah pasti tidak dalam keadaan terkunci.

Sehingga si peminjam bisa dengan bebas membuka sejumlah aplikasi, termasuk WhatsApp. Padahal, banyak data yang bersifat pribadi atau rahasia di aplikasi tersebut. Jika Anda adalah orang yang sering meminjamkan ponsel kepada orang lain, fitur pengunci WhatsApp ini mungkin berguna.

Namun, fitur ini hanya bisa bekerja jika ponsel kamu memiliki fitur Face ID dan Touch ID ya. Fitur ini baru hadir di platform whatsapp untuk iOS. Nantinya, setelah kamu memperbarui WhatsApp ke versi terbaru, pengguna iPhone akan bisa menggunakan fitur Touch ID (iPhone 8 dan ke bawah) atau Face ID (iPhone X, XS, XS Max, XR) untuk mengunci dan membuka WhatsApp.

Bagi kamu para pengguna iOS, cara mengaktifkan fitur keamanan ini cukup mudah. Kamu harus mengaktifkannya dengan langkah-langkah seperti berikut ini:

  1. Pilih Menu Settings > Account > Privacy
  2. Pada halaman Privacy pilih menu Screen Lock
  3. Pilih opsi untuk mengaktifkan fitur Face ID atau Touch ID
  4. Setelah itu, aktifkan Require Face ID atau Require Touch ID
  5. Atur jangka waktu untuk mengunci WhatsApp secara otomatis

Setelah aplikasi WhatsApp berhasil terkunci pada waktu yang telah kamu tentukan, kemudian saat kamu ingin membuka aplikasinya, kamu harus melakukan pemindaian Face ID atau Touch ID.

Jika kamu ingin menonaktifkan Touch ID atau Face ID, kamu bisa mengikuti cara dibawah ini:

  1. Buka Pengaturan WhatsApp.
  2. Ketuk Akun > Privasi > Kunci Layar.
  3. Matikan Perlu Touch ID atau Perlu Face ID.

Durasi penguncian WhatsApp bisa kamu atur mulai dari “Immediately”, yang artinya bakal terkunci saat pengguna meninggalkan aplikasi WhatsApp, hingga waktu 1 jam. Setelah WhatsApp terkunci pada waktu yang telah ditentukan, kamu diharuskan melakukan pemindaian Face ID atau Touch ID untuk membukanya kembali.

Jika kamu tak bisa membuka aplikasi WhatsApp melalui Face ID atau Touch ID (pemindaian gagal), kamu sebagai pengguna WhatsApp diharuskan memasukkan passcode iPhone kamu. Jika sedang tak ingin membuka WhatsApp, kamu juga bisa membalas pesan dan menjawab telepon WhatsApp dari notifikasi di “Lock Screen”, meskipun terlindungi teknologi biometrik ini. Ingin menikmati fitur biometrik ini? Pengguna dengan perangkat iOS bisa memperbarui WhatsApp ke versi 2.19.20 melalui App Store.